Perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan project based learning pada konsep fungi (kuasi eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri 11 Jakarta)
Main Author: | Muhammad Fuad Fahrudin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan project based learning pada materi fungi di kelas X MAN 11 Jakarta tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Two group, pretest posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa untuk kelas eksperimen Problem Based Learning dan 36 siswa untuk kelas eksperimen Project Based Learning. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 75,83 dengan standar deviasi 8,06, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning adalah 73.47 dengan standar deviasi 7,45. Meskipun hasil belajar berbeda, namun hasil uji-t pada taraf ? = 0,05 menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan dimana thitung < ttabel atau 1.26 < 1,96. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Project Based Learning pada materi fungi.