The effectiveness of clustering technique towards students? writing skill of descriptive text A quasi-experimental study at eighth grade of MTS Islamiyah Ciputat

Main Author: Artika Diannita
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan mengajar descriptive text dengan menggunakan metode clustering technique di kelas delapan MTs Islamiyah Ciputat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif. Penulis melakukan eksperimen di dua kelas berbeda dengan menggunakan tindakan berbeda. Kelas yang pertama menggunakan metode clustering technique sebagai kelas eksperimen. Kelas yang kedua menggunakan metode konvensional sebagai kelas kontrol. Penulis memberikan pre-test dan post-test kepada kedua kelas. Tujuan tes ini adalah untuk mengetahui kelas mana yang lebih baik setelah diajar menggunakan dua metode yang berbeda. Selanjutnya data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil perhitungan statistik didapatkan nilai ratarata dari kelas eksperimen: pre-test sebesar 60.20; post-test sebesar 72.24 dan selisihnya sebesar 12.04. sedangkan nilai rata-rata dari kelas kontrol: pre-test sebesar 59.28; post-test sebesar 64.80 dan selisihnya sebesar 5.52. Selanjutnya, to (t observasi) yaitu sebesar 4.43 dan tt( t tabel) sebesar 2.01. Maka, to (observasi) lebih besar dari pada tt ( t tabel): to>tt. Pernyataan tersebut membuktikan bahwa siswa-siswa yang di ajar descriptive text writing dengan menggunakan metode clustering technique mendapatkan nilai lebih tinggi dari pada mereka yang diajar dengan menggunkan metode konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa pengajaran menggunakan metode clustering technique lebih efektif dalam pengajaran decsriptive text di kelas delapan MTs Islamiyah Ciputat.