The effectiveness of using english songs from youtube towards students? vocabulary mastery a quasi-experimental study at the seventh grade of Ruhama Islamic Junior High School at South Tangerang
Main Author: | Febria Afia Rahmah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Inggris dari YouTube dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan dan dianalisis pada siswa kelas tujuh SMP Islam RUHAMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan mengambil 60 siswa sebagai sampel dari 92 populasi yang dibagi menjadi 2 kelas: 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Sebelum memberikan pengajaran menggunakan teknik lagu berbahasa Inggris dari YouTube, Peneliti memberikan pra-tes. Kemudian peneliti mengajar di kelas eksperimen dengan meminta siswa untuk mendengarkan lagu berbahasa Inggris dari YouTube dan dikelas kontrol tanpa meminta siswa mendengarkan lagu berbahasa Inggris dari YouTube. Setelah empat pertemuan, peneliti memberikan purna-tes kepada kedua kelas. Pada analisis data penilaian pra-test dan purna-test menggunakan dua puluh pertanyaan pilihan ganda disetiap test, setelah itu di analisis dengan menggunakan rumus t-test. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mengajar kosakata dalam bahasa Inggris menggunakan lagu bahasa Inggris dari YouTube efektif. Terbukti dari besarnya t hitung 4,01 > t tabel pada signifikan 1% (2,39). Hasil ini dianggap bahwa null hypothesis (Ho) ditolak dan alternative hypothesis (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kosakata siswa yang diajarkan dengan mendengakan lagu berbahasa Inggris dari YouTube dengan yang tidak mendengarkan lagu berbahasa Inggris diterima. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lagu berbahasa Inggris dari YouTube efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa.