An item analysis of english summative test for second grade of junior high school: A descriptive research of odd semester in second grade of An-Nizhamiyyah Islamic Junior High School
Main Author: | Shofa Shofwatul H. |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengkategorikan butir soal ujian yang diujikan kepada siswa. Butir-butir soal tersebut dikategorikan berdasarkan tiga ketentuan dari analisa butir soal, yaitu tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pilihan pengecoh. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui butir soal yang baik, yang perlu diperbaiki, dan yang perlu diganti dengan butir soal lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripitif, sedangkan desain atau rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Selanjutnya, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs An-Nizhamiyyah yang berjumlah 84 siswa, tetapi sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Dalam melaksanakan penelitian ini, data yang diperoleh diambil dari hasil tes siswa yang berupa lembar soal serta lembar jawaban siswa. Dari penganalisaan setiap butir soal, diperoleh hasil bahwa berdasarkan tingkat kesukaran terdapat 5 butir soal yang mudah, 27 butir soal yang sedang, dan 8 soal yang sulit. Berdasarkan tingkat daya pembeda, terdapat 4 soal yang memiliki daya beda yang sangat bagus, 16 butis soal memiliki daya beda yang baik, 12 butir soal memiliki daya beda yang cukup, 6 butir soal memiliki daya beda yang kurang baik, dan 2 butir soal memiliki daya beda yang sangat jelek. Kemudian, berdasarkan keefekifan pilihan pengecohnya, diperoleh hasil bahwa 38 kunci jawaban efektif, dan 2 kunci jawaban tidak efektif, serta 59 pilihan pengecoh yang efektif dan 61 pilihan pengecoh yang tidak efektif. Setelah menganalisa, mengklasifikasikan dan mempertimbangkan berdasarkan tiga ketentuan tersebut, diperoleh hasil yang menunjukan bahwa terdapat 19 butir soal yang baik, 10 butir soal yang perlu diperbaiki, dan 11 butir soal perlu diganti dengan butir soal lainnya. Dengan jumlah tersebut, dapat disimpulkan bahwa butir soal yang digunakan oleh sekolah tersebut sudah baik dan layak diujikan kepada siswa.