An analysis of the students' error in learning passive voice of the present continous tense: a case study at the first grade of SMA Islam Bina Insan - Jonggol
Main Author: | Evi Farida |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa jenis kesalahan grammar yang dilakukan oleh siswa dalam belajar passive voice of the present continuous tense pada siswa kelas satu SMA Islam Bina Insan � Jonggol. Peneltian ini adalah study kasus yang menggunakan pendekatan �quantitative approach�. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan tes tulis yang terdiri dari 20 butir soal kepada siswa yang di fokuskan pada materi yang dipelajari. Dalam penelitian ini penulis menemukan data yang menunjukan bahwa ada tiga kesalahan tertinggi. Pertama dalam bentuk word choice 27.33%. Kedua dalam bentuk verb tense 8.63% dan yang ketiga dalam bentuk singular-plural 8.27%. Selain itu, penulis juga menemukan data yang juga menunjukan bahawa ada tiga kesalahan terendah, yaitu pasda bentuk (-) omit a word 2.51%, spelling 4.32% dan incomplete sentence 4.67%. Sedangkan bentuk kesalahan yang lain memiliki jumlah rata-rata yang sama. �Over generalization� adalah faktor yang paling mempengaruhi siswa dalam melakukan kesalahan tersebut, karena berdasarkan data kebanyakan siswa menambahkan -ed untuk past participle pada bentuk irregular verb