An analysis on grammatical errors in the students descriptive writing 9a case study at the second grade students of MTs. Soebono mantofani Jombang Ciputat, Tangerang Selatan
Main Author: | SATIYAH, Erna |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa error siswa dalam menulis teks deskriptif. Pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah pengklasifikasian error tulisan siswa berdasarkan pengklasifikasian yang dibuat oleh Betty Schrampfer Azar, untuk mengetahui frekuensi tertinggi dari tipe error siswa. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas 8 MTs. Soebono Mantofani Jombang Ciputat, Tangerang Selatan. Dalam mengumpulkan data, penulis memberikan tes tentang teks deskriptif, mendeskripsikan ruang kelas mereka. Data diperoleh dari siswa kelas 8 MTs. Soebono Mantofani Jombang Ciputat, Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dalam menganalisa data tersebut, teknik yang digunakan penulis adalah analisa kuantitatif dan analisa kualitatif. Analisa kuantitatif digunakan untuk menghitung percentage error siswa, dengan menggunakan rumus: P = F x 100%. Sedangkan N data diambil dari tes siswa sesudah penulis menganalisa data dengan mengklasifikasi data tulisan tersebut ke dalam tipe-tipe error. Hasil analisa menunjukkan bahwa frekuensi tertinggi dari tipe error yang dilakukan siswa kelas 8 MTs. Soebono Mantofani Jombang Ciputat, Tangerang Selatan adalah article (39 error atau 21,79%). Dengan hasil tersebut, kebanyakan siswa lalai dalam menulis article �a�, yaitu satu huruf yang sangat penting sebelum kata benda tunggal dalam tulisan mereka. Semua itu terjadi karena overgeneralization dan pengaruh bahasa ibu siswa, ketika mereka menulis.