An analysis on the students' difficulties in using simple present tense (a case study in the first year students of MTsN 32 South jakarta)

Main Author: AL-MUHARO, Muhamad Solahudin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesulitan-kesulitan siswa dalam penggunaan Simple Present Tense di kelas satu MTsN 32 Jakarta Selatan. Ini termasuk kesulitan-kesulitan yang ditemukan oleh siswa dalam penggunaan Simple Present Tense dan alasan mengapa siswa menemukan kesulitan-kesulitan dalam penggunaan Simple Present Tense. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus yang diawali dengan melakukan observasi di kelas I � 2 MTsN 32 Jakarta Selatan. Sementara itu data dikumpulkan melalui tes pencapain pada siswa. Oleh karena itu, penelitian ini termasuk ke dalam metode kualitatif. Penemuan dari penelitian ini yaitu: (1) sehubungan dengan hasil tes, data menunjukkan bahwa persentasi nilai siswa di dalam tes yaitu 39,84%. Berdasarkan hasil tes, ini menunjukkan bahwa kebanyakan siswa mendapatkan kesulitan dalam penggunaan bentuk Simple Present Tense. (2) Alasan mengapa siswa menemukan kesulitan dalam menggunakan Simple Present Tense karena siswa belum menguasai benar bentuk dari Simple Present Tense di dalam kalimat positif, kalimat negative, dan kalimat tanya. Kemudian mereka sering kali menghilangkan akhiran �s/es dari kata kerja yang memiliki subjek dalam bentuk ke tiga tunggal, contohnya he drink a cup of coffee atau mereka menambahkan akhiran �s/es dari kata kerja selain subjek dalam bentuk ke tiga tunggal, contohnya they visits to the zoo every weekend. Selain itu, siswa masih tetap bingung dengan penggunaan waktu pada Simple Present Tense karena di dalam bahasa Indonesia tidak memiliki perubahan kalimat berdasarkan waktunya. Terlebih lagi mereka selalu menggunakan paradigma bahasa Indonesia untuk memahami bahasa Inggris. Inilah yang menyebabkan beberapa kesulitan untuk mereka. Kesulitan-kesulitan ini juga berasal dari faktor dalam dan luar diri mereka.