Improving students' ability in writing recount text by using mind-mapping technique ( A Classroom action research in the 8.2 Class of SMPN 2 Kota Tangerang Selatan)
Main Author: | LUTFIAH, Rizki |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 8-2 SMPN 2 Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2010/2011 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian tindakan kelas kolaborasi. Penulis bekerjasama dengan guru bahasa Inggris, Ibu Tri Endang Lestari,S.E, dalam melaksanakan penelitian. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam mendapatkan data, penulis menggunakan metode kualitatif and kuantitatif. Data kualitatif didapatkan melalui observasi dan interview, sedangkan data kuantitatif didapatkan melalui tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes menulis siswa. Hasil pre-test menunjukkan bahwa skor mean pre-test adalah 53.72. Sedangkan skor mean post-test siklus 1 adalah 63.82 dan skor mean post-test siklus 2 adalah 70.77. Selanjutnya, hasil pre-test menunjukkan hanya ada 3 siswa atau 7.5 % yang mencapai nilai KKM sedangkan dalam post-test siklus 1 ada 13 atau 32.5% siswa mencapai nilai KKM dan 29 siswa atau 72.5% telah mencapai nilai KKM, dengan demikian kriteria kesuksesan telah dicapai. Berdasarkan semua hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa teknik mind-mapping mampu meningkatkan kemampuan siswa di dalam menulis teks recount.