Pengaruh media visual (foto) dan media audio (lagu) yang bertema nasionalisme terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 17 Ciputat tahun pelajaran 2012/2013

Main Author: Dea Novita
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan menulis puisi siswa dengan menggunakan media visual foto dan media audio lagu yang bertema nasionalisme dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Muhammadiyah 17 Ciputat tahun pelajaran 2012/2013 dan mendekripsikan tingkat perbedaan kemampuan menulis puisi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol saat pretes dan postes. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen murni. Eksperimen Murni merupakan rancangan dengan melibatkan suatu variabel eksperimen yang berkaitan diberikan perlakuan khusus dan satu kelompok kontrol dengan perlakuan yang berbeda. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes dan postes. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pretes siswa kelas kontrol sebesar 57 dan kelas eksperimen sebesar 60, sedangkan nilai rata-rata postes siswa kelas kontrol sebesar 62 dan kelas eksperimen 75. Thitung untuk skor postes equal varians assumed (kedua varians sama) adalah 6,855 sedangkan Ttabel = 1,696 dari hasil interpolasi diperoleh T hitung = 6,855 ? T tabel = 1,696. Ternyata Thitung> Ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa hasil menulis puisi siswa dengan menggunakan media visual foto dan media audio lagu lebih baik daripada hasil puisi siswa yang tidak diberi perlakuan. Dengan demikian media visual foto dan media audio memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 17 Ciputat tahun pelajaran 2012/2013