Pengaruh kedisiplinan guru pendidikan agama Islam terhadap perkembangan aspek afektif siswa di Sekolah SMP Islam Parung
Main Author: | Ismayanti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Sikap disiplin guru dalam menjalankan tugasnya akan menjadi contoh bagi sisrvanya, dengan demikian akan meirimbulkan ketertarikan dan rasa simpatik siswa pada gurunya, hal tersebut dapat memicu perkembangan aspek afektif siswa yang baik, dan n-renjadikan siswa lebih disiplin dan niemiliki sikap yang baik. Karena pada dasalnya manusia itu adalah maldrluk peniru apa yang dia lihat dan dia rasa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakan terdapat pengaruh yang signifikan anatara kedisiplinan Guru PAi Terhadap Perkembangan Aspek Afektif Siswa di Sekolah SMP Islam Parung. Penelitian ini telah dilaksankan di SMP Isiarn Parung tahun ajaran 2014/2015 pada tanggal 15 September - 30 Oktober 2014. Pendekatan yang gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik yang akan digunakan dalam menentukan sampel ialah dengan teknik stratified randont sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 595 siswa/i tetapi diambil sampel hanya 60 siswa/i dari keseluruhan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berbentuk non tes yaitu berupa angket skala sikap model skala Likerl. Instrumen ini bersifat tertutup karena dalam angket sudah tersedia pilihan jau,aban, kemudian disebarkan secara acak kepada'siswa/i kelas VII, VIII, dan IX untuk mewakili siswa/i yang ada di dalam kelas tersebut. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus distribusi frekuensi dan prosentase serta rumus korelasi product moment