Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Islamiyah Ciputat
Main Author: | Siti Fujiyati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Islamiyah Ciputat. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas dan kelas MTs Islamiyah Ciputat. Kelas sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan kelas sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode Puzzle. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 40 soal berbentuk pilihan ganda dan setelah melalui proses uji validitas, terdapat 24 soal yang valid dengan reliabilitas 0,79 dan termasuk kategori tinggi atau dengan kata lain instrumen ini layak digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data menggunakan metode statistik uji ?t? (uji beda), untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi pada tabel distribusi ?t? pada taraf signifikansi 0,05%. Temuan hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Fiqih siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai Thitung > Ttabel yaitu 3,0239 > 2,042 dengan taraf signifikasi 0,05 %. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan post-test kelas eksperimen yang menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT) (nilai rata-rata 85) menunjukan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode Puzzle (nilai rata-rata 77). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar Fiqih siswa.