Hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih islam di MTs Daarussalaam Parung

Main Author: Idrus Firdaus
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa, diambil secara acak dari seluruh siswa kelas VII,VIII,IX yang digunakan untuk mengumpulkan data variable X dan Y dengan menggunakan angket dan wawancara dalam bentuk skala prilaku. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Survei dengan tehnik korelasional yang menganalisa data hasil penelitian dengan uji ?r? atau koefisien korelasi, menghasilkan r hitung = 0,400 yang lebih tinggi dari r tabel dengan taraf signifikansi 5% = 0,361 (0,400 > 0,361). Selanjutnya dilakukan Uji t untuk mengetahui taraf signifikansi hubungan antara variabel X dan variabel Y. Hasil t hitung lebih besar dati t tabel dengan dk = n-1 = 30-2 = 28, diperoleh t tabel = 1,701, sedangkan r hitung = 2,519. Dengan demikian Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Dengan demikian berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian Ha diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Motivasi Belajar Siswa Berhubungan dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih, hal ini dibuktikan dengan kontribusi variable X terhadap variable Y sebesar 16 %, yang berarti masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.