Penerapan pendidikan berbasis karakter di SDIT Nurul Amal Pondok Cabe Ilir Pamulang
Main Author: | Rafiah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Dilatarbelakangi permasalahan dekadensi moral anak-anak sekolah maka penulis terdorong untuk melakukan penelitian tentang penerapan pendidikan berbasis karakter di SDIT Nurul Amal Pondok Cabe Ilir Pamulang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari 2014 di Sekolah SDIT Nurul Amal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter yang diterapkan di SDIT Nurul Amal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, melibatkan 36 siswa kelas v. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Dalam penelitian ini penulis mengamati pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI dalam pembentukan karakter siswa yaitu dengan, pembiasaan, keteladanan, nasehat dan hukuman, sedangkan melalui penyebaran angket penyebaran angket berupa 20 item pertanyaan yang diberikan kepada siswa dan diambil secara random atau acak meliputi aspek-aspek nilai karakter religius, jujur, disiplin dan tanggung jawab sudah di terapkan dengan baik, dan melalui wawancara kepada guru PAI dan wakil bidang kurikulum, pendidikan di SDIT Nurul Amal tidak hanya mendidik anak menjadi cerdas dan terampil saja, melainkan juga bagaimana membangun karakter, sikap dan perilaku sehingga menjadi manusia yang berbudi dan beradab serta berakhlakul karimah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pendidikan Berbasis Karakter siswa SDIT Nurul Amal dikatakan baik, meskipun ada sebagian kecil siswa yang melanggar. Dengan demikian pendidikan karakter yang diterapkasn oleh guru pendidikan agama, seperti pembiasaan, keteladanan, nasehat, pujian dan hukuman sangat berpengaruh terhadap pembentukkan karakter siswa. Ini membuktikan bahwa pentingnya pendidikan karakter diterapkan di sekolah. Pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam pembinaan kepribadian dan moral bangsa, pelaksanaan pendidikannya harus diarahkan untuk membina budi pekerti yang luhur dan membina moral bangsa.