Hubungan antara hasil belajar pendidikan agama islam dengan budi pekerti siswa SDIT Al-Iman Jatinegara Jakarta Timur
Main Author: | Yusmi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar pendidikan agama Islam dengan budi pekerti siswa SDIT Al-Iman Jatinegara Jakarta Timur. Dalam membahas permasalahan tersebut penulis menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengadakan penelitian yang pengumpulan datanya melalui angket, observasi dan interview. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan untuk mencari hubungan antara variable bebas (variable X) yaitu hubungan antara hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan variable terikat (variable Y) yaitu budi pekerti Siswa SDIT AL-Iman Jatinegara Jakarta Timur pengambilan sampel dengan stratified sampling sebanyak 42 siswa diambil dari kelas V sebanyak dan 21 siswa, kelas VI sebanyak 21 yang berjumlah 21 siswa. Hubungan hasil belajar Pendidikan Agama Islam merupakan suatu upaya di dalam pembentukan budi pekerti siswa agar para siswa mengenal dan mengamalkan ajaran islam dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari ? hari. Akhlak siswa adalah budi pekerti atau tingkalh laku yang baik dan terpuji yang diterapkan dalam kehidupan. Berdasarkan dari hasil penelitian disimpulkan bahwa hubungan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan budi pekerti siswa cukup berperan sekali sehingga para siswa mempunyai kepribadian yang baik dan mempunyai budi pekerti yang terpuji.