Implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Unwanul Huda Cilandak Jakarta Selatan
Main Author: | Akhmad Asyhari |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian yang dilakukan adalah (1) Menganalisis implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI Unwanul Huda, dan (2) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI Unwanul Huda. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu pengumpulan banyak data, informasi atau keterangan langsung tentang hal-hal yang secara luas ada hubungannya dengan implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain dan langkah-langkah implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI Unwanul Huda sudah berjalan dengan baik walaupun dalam pelaksanaannya belum optimal. Dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya pendidik MI, hendaknya para pendidik selalu berusaha menggali pengetahuan dan pengalaman dengan mengikuti pelatihan dan seminar pendidikan. Dan hendaknya kepala Sekolah berupaya untuk memberi peluang seluasnya kepada guru maupun murid untuk meningkatkan mutu pembelajaran