Pembinaan akhlak siswa melalui program boarding school (Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Boarding School Depok)

Main Author: Mira Khumairoh
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Akhir-akhir ini dunia pendidikan menyajikan fakta yang memprihatinkan. Persoalan penyimpangan perilaku siswa sampai pada titik yang mencengangkan, di mana lembaga pendidikan formal mengalami kegagalan membentuk sikap dan perilaku siswa. Tawuran antar sekolah, siswa masuk dalam pengaruh narkoba yang mematikan, terjebak pola hidup yang jauh dari nilai-nilai sosial dan agama. Fakta demikian mengharuskan lembaga pendidikan memikir ulang proses pembelajaran di sekolah dan di rumah. Keprihatinan kondisi pendidikan kemudian banyak disikapi oleh pendidikan Islam, termasuk sekolah Al-Hidayah Boarding School. Untuk menanggulangi kenakalan-kenakalan siswa, HBS menawarkan program sekolah berbasis asrama agar mampu memantau secara langsung untuk membentuk perilaku siswa agar mampu bertindak sesuai dengan tuntutan lingkungan dan nilai-nilai islami. Program sekolah berasrama HBS kemudian dikaji dengan pendekatan deskriptif untuk merekam bagaimana pengembangan kualitas pribadi siswa dengan nilai-nilai islam yang dilakukan oleh HBS. Penelitian yang dilakukan di sekolah Al-Hidayah Boarding School menggunakan pendekatan kualitatif sehingga mampu menjelaskan perubahan perilaku siswa dan mengetahaui kendala dan hambatan yang dihadapi HBS dalam melakukan pengembangan akhlak siswa. Pendidikan berbasis asrama yang terdapat pada sekolah HBS di Depok Jawa barat ini menunjukkan hasil yang efektif untuk melakukan pembinaan akhlak siswa. Program-program yang diselenggarakan mampu mempengaruhi sikap siswa meskipun harus diawali dengan usaha pembiasaan. Dan tidak bisa dinapikan juga usaha pengembangan perilaku siswa juga harus berhadapan dengan hambatan yang luar biasa seperti keterbatasan guru untuk memonitoring dengan ketat karena hanya sebagain kecil saja guru yang menetap di lingkungan asrama sekolah. Akan tetapi secara umum berdasarkan parameter yang tersedia terdapat perubahan yang sangat signifikan pada akhlak siswa dengan sistem boarding school