Hubungan pembudayaan agama Islam di sekolah dengan akhlak siswa: Studi di SMP Islam Terpadu al-Qur'aniyyah
Main Author: | Syarifuddin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara pembudayaan agama Islam di sekolah dengan akhlak siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Al-Qur�aniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket pernyataan. Sedangkan teknik korelasi yang digunakan adalah Product Moment. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang yang signifikan anatara pembudayaan agama Islam di sekolah dengan akhlak siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung sebesar 0,413 dan rtabel sebesar 0,381 pada taraf signifikansi 5%, karena rhitung > rtabel berarti termasuk kategori sedang atau cukup (nilai r hitung 0,40 -0,70) dengan nilai KD sebesar 17,05 %. Dengan demikian terdapat hubungan yang cukup dan signifikan antara pembudayaan agama Islam di sekolah dengan akhlak siswa di SMP IT Al- Qur�aniyyah Pondok Aren.