Hubungan kemampuan guru dalam manajemen kelas dengan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah mazro'atul ulum Tangerang-Ciledug
Main Author: | SUPRIYADI, Iip |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tempat untuk melakukan penelitian ini yaitu di MI Mazro�atul Ulum Ciledug Tangerang Jl. Dr. Wahidin Sudiro husodo No. 4, kelurahan Paninggilan Kecamatan Ciledug Kota Tangerang Propinsi Banten. Adapun waktu penelitian dilakukan selama lima bulan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan guru dalam mengelola kelas, dimana siswa dapat termotivasi dalam belajar sehingga meningkatkan semangat belajar yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dalam bentuk penelitian korelasi yaitu yang menjelaskan hubungan antara variabel berdasarkan jenis data kuantitatif yang kemudian dilakukan pengolahan dan analisis data dengan menggunakan statistic. Adapun untuk pengolahan dan analisis data yang kemudian digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Produck Moment, teknik ini berfungsi untuk mengetahui korelasi atau hubungan antara variabel secara oprasional. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah Siswa/i MI Mazro�atul Ulum yang berjumlah 256 siswa, kemudian sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah dalam bentuk perpasive, yaitu sasaran objek hanya kepada siswa kelas V.A yakni sebanyak 35 siswa. Dari hasil penelitian yang ditemukan, bahwa antara kemampuan guru dalam manajemen kelas dengan motivasi belajar siswa mempunyai hubungan yang sangat erat di dalam kelas, hal itu tertulis dari hasil penelitian dengan angka koefisien penentu sebesar 172.3969% yang menunjukan bahwa terdapat korelasi yang sempurna antara kemampuan guru dan motivasi belajar siswa, oleh sebab itu guru yang mampu mengelola kelas dengan baik maka siswa akan termotivasi dan memiliki semangat belajar yang tinggi