Korelasi tahfidz al-Qur'an dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur'an hadits kelas V (lima di Madrasah Ibtidaiyah (MI) al-Hidayah II Depok
Main Author: | ADAWIYAH, Robiatul |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Skripsi ini tentang Korelasi Tahfidz Al-Qur�an Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur�an Hadits Kelas V (Lima) Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah II Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi tahfidz Al-Qur�an dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al- Qur�an hadits kelas V (Lima) MI Al-Hidayah II. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tahfidz Al- Qur�an dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur�an Hadits. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi, yakni melihat bentuk hubungan antara variabel-variabel yang di teliti.Metode korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Metode penilitian ini diharapkan dapat menemukan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti yaitu tahfidz Al- Qur�an dengan prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V (Lima) MI Al-Hidayah II Depok yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah populasi sebanyak 25 siswa yang keseluruhan populasi tersebut dijadikan objek penelitian kali ini. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan angket (kuesioner) dalam bentuk piliha ganda. Pengolahan data diakukan dengan analisis korelasi product moment. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah tahfidz Al-Qur�an (X) dan prestasi belajar (Y). Hasil penelitian dengan mengunakan analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa nilai r hitung = 0,605 berada pada arah yang positif, sedangkan uji signifikansi kofesien korelasi menunjukkan bahwa rt pada taraf signifikansi 5 % sebesar 0,396. dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih tingi daripada .r. tabel pada tarf signifikansi 5 % denga kata lain Ho ditolak sehingga demikian Ha diterima. Jadi terdapat hubungan yang positif dan signifikansi antara tahfidz Al-Qur�an dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur�an Hadits Kelas V (Lima) MI Al-Hidayah II Depok