Minat guru PAI terhadap penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); penelitian terhadap guru-guru PAI di SDN Kelurahan Pondok Kelapa Jakarta Timur
Main Author: | AMALIA, Rizki |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di 8 (delapan) SDN Kelurahan Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 20 orang dari seluruh guru PAI di 8 SDN Pondok Kelapa yang berada di Jakarta Timur. Pengukuran skala minat diambil berdasarkan teori Renninger dan disusun dengan menggnakan Model Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat guru PAI terhadap penyusunana RPP di 8 SDN di Kelurahan Pondok Kelapa berada dalam kualifikasi tinggi yang terbukti dengan perolehan skor sebesar 99,7. Untuk meningkatkan minat guruPAI terhadap penyusunan RPP di 8 SDN Pondok Kelapa, diharapkan guru dapat menambah pengetahuannya dalam upaya menyusun serta mengembangkan RPP. Kepala sekolah hendaknya untuk tetap mengintensifkan supervisi dan memberikan pembinaan untuk memotivasi semua guru dalam melaksankan tugas khususnya dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian guru dapat lebih meningkatkan kompetensinya dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran.