The effectiveness of collocation instruction towards students? writing skill of procedure text (a quasi-experimental study for grade VII of SMP Islamiyah Ciputat)

Main Author: Heni Wahyuni
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan studi ini adalah untuk melihat efektif atau tidaknya penggunaan collocation instruction terhadap keterampilan siswa dalam menulis teks prosedur. Studi ini dilakukan di kelas VII SMP Islamiyah Ciputat tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah sampel 60 yang terbagi ke dalam dua kelas: 30 sampel kelas eksperimental dan 30 sampel kelas kontrol. Penulis menggunakan convenience sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah metode kuantitatif dengan penelitian kuasi experimen sebagai design-nya. Instumen studi ini adalah pre-tes dan post-tes. Item tes dalam studi ini adalah tes tertulis. Untuk rubrik penilaian, analytic scoring digunakan dalam studi ini. Hasil dari studi ini menunjukan bahwa penghitungan nilai tvalue adalah 5.12 dan derajat kebebasannya (df) adalah 58. Nilai ttable pada derajat kebebasan dan pada derajat signifikan 5% adalah 1.672 atau dengan kata lain, tvalue > ttable. Ini berarti bahwa Hipotesis Null (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa collocation instruction efektif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur.