Hubungan sikap percaya diri dengan kreativitas belajar PKN siswa kelas IV, V dan VI di Mi-AlHusna Kemnabangan Jakarta Barat
Main Author: | MARFUAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang hubungan sikap percaya diri dengan kreativitas belajar PKn siswa kelas 1V, V, dan V1 di MI Al-Husna Kembangan Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan pada siswa yang terdaftar sebagai siswa pada tahun pelajara 2011-2012 semester ganjil yang dilaksanakan bulan Pebruari s/d April 2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi. Jumlah sampel sebanyak 31 siswa yang diperoleh secara acak. Istrumen yang digunakan adalah angket skala sikap untuk variabel X (sikap percaya diri) dengan lima pilihan jawaban yaitu sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju dan sangat tidak setuju.sedangkan untuk variabel Y (kreativitas belajar PKn siswa) menggunakan angket skala prilaku dengan lima pilihan yaitu salalu, sering, kadang-kadang, pernah dan tidak pernah. Berdasarkan uji analisis data variabel X dan variabel Y menggunaka rumus korelasi product moment dengan hasil variabel X = 25 butir soal dan variabel Y = 25 butir soal, sedangka reabilitas variabel X dan variabel Y dengan hasil r-hitung 0,436, t-hitung 2,29 dan t-tabel 1,70. Rata-rata presentase sikap percaya diri dan kreativitas belajar adalah 19,90 %. Dapat disimpulkan bahwa sikap percaya diri dengan kreativitas belajar PKn siswa Kelas 1V, V, dan V1 tergolong kuat, artinya sikap percaya diri siswa sangat mendukung terhadap kreativitas belajar PKn siswa di MI Al-Husna Kembangan Jakarta Barat.