Preferensi nasabah terhadap produk gadat emas IB nasabah (studi pada BNI Syariah Kantor Cabang Fatmawati)

Main Author: WIBOWO, Muhamad Eko Ari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Syariah dan Hukum
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis preferensi dan faktorfaktor yang menentukan pengambilan keputusan oleh nasabah dalam menggunakan produk Gadai Emas iB Hasanah, selain itu untuk mengetahui motivasi dan karakteristik nasabah yang menggadaikan emasnya di Bank BNI Syariah. Penelitian ini juga penulis tujukan dalam rangka melihat respon atau tanggapan nasabah terhadap surat edaran BI yang membatasi produk gadai emas syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analitis dengan Likert Scale dan Guttman Scale sebagai metode penyusunan kuesioner, serta menggunakan incidental sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda untuk menguji pengaruh antara variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan variabel faktor psikologis dengan preferensi Nasabah Gadai Emas iB Hasanah Hasil penelitian berdasarkan analisis terhadap kuesioner menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan menentukan preferensi nasabah dalam pengambilan keputusan untuk menggunakan produk Gadai Emas iB Hasanah di BNI Syariah adalah karena biaya penyimpanan marhun Gadai Emas iB Hasanah yang kompetitif, kemudian dilihat dari hasil kuesioner mayoritas nasabah tidak mengetahui surat edaran (SE) Bank Indonesia No.14/7/DPbS mengenai pembatasan produk gadai emas dan tidak setuju dengan pembatasan tersebut. Hasil kuesioner juga menunjukkan mayoritas responden/nasabah Gadai Emas iB Hasanah merasa puas dengan pelayanan petugas gadai. Selanjutnya, dari hasil analisis regresi berganda menunjukkan presentase pengaruh variabel faktor budaya, variabel faktor sosial, variabel faktor pribadi, dan variabel faktor psikologis terhadap preferensi Nasabah sebesar 22,9% sedangkan sisanya 77,1% dipengaruhi oleh faktor lain (100%-22,9%), hal tersebut menunjukkan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah dalam pengambilan keputusan untuk menggunakan produk Gadai Emas iB Hasanah di BNI Syariah.