Peningkatan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPS Kelas IV MI Al-Karimiyah Jakarta

Main Author: Humairoh
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Karimiyah Jakarta pada tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Tujuan dari penelitan ini untuk mengetahui atau mengukur sejauhmana keberhasilan belajar siswa melalui metode Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Karimiyah Jakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah: 1) Keterampilan Guru dalam Mengelola Pembelajaran, 2) Pengamatan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran, 3) Pengamatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Karimiyah Jakarta pada tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70 sebanyak 19 siswa (76,29%). Lalu pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai KKM yakni 27 siswa (100%). Pembelajaran dengan menggunakan metode STAD membuat pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa serta memberikan hasil yang baik bagi peningkatan hasil belajar siswa.