Strategi penggalangan dana zakat lembaga amil zakat (laz) dompet dhuafa untuk program layanan kesehatan

Main Author: PRIYANI, Anis
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penggalangan Dana (fundraising) merupakan kegiatan penting dan utama dalam sebuah lembaga pengelola zakat, karena sebuah organisasi pengelola zakat, dalam setiap aktifitasnya selalu berhubungan dengan dana. Dana memiliki peran penting dalam menghidupi organisasi pengelola zakat dan untuk setiap programprogramnya. Sumber pokok pendapatan lembaga amil zakat berasal dari danadana zakat, infak dan shodaqohnya. Oleh karena itu lembaga amil zakat Dompet Dhuafa dituntut untuk kreatif dalam setiap menentukan strategi penggalangan dana zakat, sehingga calon muzaki tergerak hatinya untuk memberikan zakat, infaq dan shadaqahnya untuk program layanan kesehatan kepada lembaga amil zakat Dompet Dhuafa. Oleh karena itu bagaimana penggalangan dana zakat yang dilakukan oleh lembaga amil zakat Dompet Dhuafa dan bagaimana strategi penggalangan dana zakat lembaga amil zakat Dompet Dhuafa untuk program layanan kesehatan, menjadi suatu hal yang penting untuk diteliti lebih jauh, melihat betapa pentingnya menerapkan strategi penggalangan dana zakat untuk program layanan kesehatan. Tujuan penelitian ini penulis ingin mengetahui strategi penggalangan dana zakat lembaga amil zakat Dompet Dhuafa untuk program layanan kesehatan dalam menghimpun dan mendayagunakan dana zakat untuk program layanan kesehatan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan laporan penelitian berupa kutipan-kutipan atau untuk memberi gambaran penyajian laporan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa dalam melakukan penggalangan dana zakat untuk program layanan kesehatan, Dompet Dhuafa memiliki formulasi strategi dalam melakukan penggalangan dana zakat, seperti, membentuk kelompok penggalangan dana zakat, menyelenggarakan acara penggalangan dana, membuat kontak layanan zakat, mengadakan seminar dan diskusi, menerapkan direct mail, iklan, dan pemanfaatan rekening bank. Selain itu dalam ilmplementasi strategi, penggalangan dana zakat dilakukan dengan cara membuat konstituen dengan keanggotaan, kemitraan dengan perusahaan, bekerjasama dengan pemerintah, membuat proposal dan menjual barang dan jasa, serta memanfaatkan jasa relawan. Kemudian dalam evaluasi strategi Dompet Dhuafa melakukan evaluasi disetiap akhir penyyelenggaraan acara penggalangan dana zakat.