Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam perpindahan merek telepon seluler merek lain ke merek samsung: studi pada pengguna telepon seluler merek samsung yang sebelumnya menggunakan telepon seluler merek lain di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Main Author: Vanny Ravindra
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam perpindahan merek telepon seluler merek lain ke merek Samsung. Data penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang konsumen yang menggunakan telepon seluler/Smartphone merek Samsung di Universitas Islam Negeri Syarifhidayatullah Jakarta. Metode penentuan sampel adalah non-probability sampling, yaitu penarikan sampel secara tidak acak, dengan cara Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Jumlah variabel yang diteliti adalah 27 variabel. Data diolah dengan menggunakan analisis faktor dengan alat bantu SPSS 17 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 27 variabel yang dianalisa dengan model analisis faktor ada 8 faktor yang terbentuk, faktor yang mempengaruhi konsumen dalam perpindahan merek telepon seluler lain ke merek Samsung, yaitu faktor 1 Periklanan (nilai eigen value 7.025), faktor 2 Ketidakpuasan Konsumen (nilai eigen value 3.034), faktor 3 Produk (nilai eigen value 1.801), faktor 4 Citra Merek (nilai eigen value 1.781), faktor 5 Harga (nilai eigen value 1.583), faktor 6 Promosi (nilai eigen value 1.296), faktor 7 kemampuan produk untuk diperbaiki (nilai eigen value 1.136), dan faktor 8 lokasi (nilai eigen value 1.095)