Citizen journalism dalam kebijakan redaksional: studi kasus rubrik Kompas Kampus di Harian Kompas

Main Author: Hilda Savitri
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Setiap surat kabar pasti memiliki berbagai macam rubrik untuk memenuhi kebutuhan dan menarik minat pembacanya. Namun, saat ini tidak banyak surat kabar yang memiliki rubrik yang khusus menyajikan seputar dunia kampus. Rubrik Kompas Kampus merupakan halaman yang sengaja disediakan oleh Harian Kompas untuk memuat tulisan dan liputan seputar dunia kampus yang dibuat oleh mahasiswa. Kebijakan redaksi merupakan suatu hal mutlak yang harus dimiliki oleh sebuah media massa. Itu disebabkan kebijakan redaksi dibutuhkan media massa untuk memilih dan memilah setiap berita apa saja yang harus ditampilkan atau tidak ditampilkan sesuai dengan kebijakan redaksional medianya. Dari latar belakang di atas, maka timbul pertanyaan sebagai berikut: Bagaimana kebijakan redaksiona Harian Kompas dalam menentukan materi tulisan pada rubrik Kompas Kampus? Serta kepentingan apa yang ingin dituju Harian Kompas dalam rubrik Kompas Kampus melalui kebijakan redaksionalnya? Berdasarkan kebijakan yang telah disepakati oleh tim redaksi, kriteria tulisan yang dapat dimuat dalam rubrik Kompas Kampus adalah tulisan itu aktual, memiliki informasi dan data yang lengkap, menggunakan bahasa yang baik dan mengalir, narasumber yang terpercaya dan sesuai dengan tema tulisan, inspiratif, berkaitan dengan kehidupan banyak orang, bisa menarik mahasiswa untuk ikut terlibat setidaknya memikirkan masalah yang tengah dihadapi bangsa Indonesia, dan dapat mengajak mahasiswa sebagai segmen pembacanya untuk rajin menulis. Citizen journalism dalam rubrik Kompas Kampus merupakan kolaborasi antara jurnalis profesional dengan non jurnalis yang memiliki kemampuan dalam materi yang dibahas. Melalui rubrik ini Harian Kompas bertujuan untuk mendidik masyarakat yang dalam hal ini mahasiswa agar dapat menjadi terampil seperti layaknya wartawan profesional. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Hierarki Pengaruh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese. Teori dalam kajian komunikasi massa yang menjelaskan faktor-faktor yang dapat memengaruhi konten media. Asumsi teori ini adalah isi media dibentuk oleh sejumlah faktor (inside maupun outside) dari organisasi media yang menghasilkan realitas yang berbeda-beda. Paradigma penelitian yang digunakan adalah konstruktivisme. Sedangkan pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Studi kasus merupakan pengujian secara rinci terhadap suatu latar atau satu orang objek atau satu tempat penyimpanan dokumen atau satu peristiwa tertentu