Komunikasi politik di media massa Studi analisis wacana kritis terhadap pemberitaan Partai NasDem di Harian Media Indonesia
Main Author: | Isnaanto Achmad Maulana |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Perkembangan media massa saat ini seakan tidak dapat dipisahkan dari rutinitas masyarakat pada umumnya, baik media elektronik, media cetak, maupun media baru. Pada dasarnya media massa bukanlah sesuatu yang bebas dan independen, media mewakili realitas sosial yang terkait dengan berbagai macam kepentingan. Keterkaitan media ini berhubungan dengan kepentingan yang berada didalam maupun diluar media massa itu sendiri. Media Indonesia sebagai salah satu dari sekian banyak media cetak nasional yang ada di Indonesia, bertugas sebagai penyalur informasi juga sebagai alat kontrol sosial terhadap aktifitas politik di pemerintahan yang sedang menjabat. Surya Paloh yang notabene-nya merupakan pemilik Harian Media Indonesia juga merupakan tokoh berpengaruh didalam Partai NasDem, hal ini tentu akan berimplikasi pada content berita Media Indonesia terhadap berita mengenai Partai NasDem. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini terkait pada bagaimana konstruksi wacana yang dibangun Media Indonesia dalam memberitakan Partai NasDem? Bagaimana kognisi sosial redaksi Media Indonesia dalam menilai Partai NasDem? Serta bagaimana konteks sosial masyarakat mengenai Partai NasDem. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dengan paradigma kritis, menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk yang mengelaborasi elemen-elemen wacana dan membagi tingkatan analisis teks ke dalam struktur makro, suprastruktur, dan sturktur mikro. Serta analisis kognisi sosial yang melibatkan wawancara dengan narasumber yang terkait, dan analisis konteks sosial dengan melihat wacana yang berkembang di masyarakat dan didasarkan pada faktor akses dan kekuasaan. Dalam penelitian ini ditemukan adanya praktik konstruksi wacana pada struktur teks yang diberitakan Media Indonesia mengenai Partai NasDem. Dalam struktur makro, tema yang dikedepankan oleh Media Indonesia mengandung unsur proaktif terhadap kegiatan yang dilakukan Partai NasDem. Pada superstruktur, Media Indonesia menyusun skema berita dengan menonjolkan dua tokoh penting di dalam Partai NasDem yang juga merupakan tokoh berpengaruh di Harian Media Indonesia. Pada tingkatan struktur mikro, wacana yang dibangun Media Indonesia selalu menititikberatkan pada kepercayaan diri Partai NasDem yang akan sukses dalam Pemilihan Umum 2014 mendatang