Strategi kampanye Humas Parat Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam meningkatkan citra partai menjelang Pemilu 2014

Main Author: Elvira Hanum
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Peralihan dan pergantian kekuasaan dilakukan memalui suatu mekanisme yang disebut sebagai pemilihan umum. Persaingan politik menjadi suatu konsep yang sangat penting sekarang ini. Indonesia yang menganut sistem multipartai membuat satu partai harus bersaing dengan partai lain. Dinamika politik partaipartai Islam pun berlangsung pada Pemilu 2014. Perolehan suara partai-partai Islam yang cenderung menurun, membuat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) harus menyusun langkah dan strategi strategi yang tepat untuk memenangkan pemilu 2014 mendatang. Sebuah partai politik tidak begitu saja melepaskan kendali. Setidaknya mereka akan mempercayakan kepada humas yang lebih mengerti akan pembentukan citra baik untuk khalayak. Tujuannya tidak jauh agar lebih terkonsep dan lebih efektif efisien menarik kontitusiensinya. Strategi kehumasan yang baik diharap dapat menjembatani komunikasi politik antara partai politik dengan pendukung. Hal ini menjadi penting, karena kehidupan suatu partai politik sangat tergantung dari massa pendukungnya. Dukungan ini hanya dapat diperoleh bilamana parpol mampu menjaga harmoniasasi dengan khalayaknya. Kampanye pada prinsipnya adalah contoh tindakan persuasi secara nyata. Kampanye humas yang dimaksudkan untuk membangun citra positif lembaga dimata publik sehingga muncul kepercayaan, penerimaan dan kesediaan publik untuk bekerjasama dengan lembaga tersebut. Kampanye sebuah upaya yang diorganisasi oleh suatu kelompok (agen perubahan) yang ditujukan untuk memersuasi target sasaran agar bisa menerima, memodifikasi atau membuang ide, sikap dan perilaku tertentu. Beberapa partai politik besar telah mencoba merancang komunikasinya secara professional, bahkan ada yang mempercaya kepada konsultan profesional. Penciptaan dan pembentukan image positif dimanage sedemikian rupa, baik dalam event-event kampanye, pemberitaan di media massa, sampai pada iklan politik di berbagai media. Strategi kehumasan partai politik dilakukan dengan berbagai pendekatan secara personal, sosial, maupun secara kultural. Selain itu juga dengan memanfaatkan media humas, melakukan aksi langsung, kampanye yang melibatkan massa langsung, dan lain sebagainya. Untuk menarik simpati simpatisannya dilakukan oleh tim pemenangan pemilu partai politik dengan cara yang cukup beragam.