Respons mahasiswa fakultas ilmu dakwah dan ilmu komunikasi universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2008 terhadap film Tnah air Beta
Main Author: | RAHAYU, Disya Ramasari |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Film adalah salah satu media komunikasi massa yang unik dibandingkan dengan media lainya, film sendiri di Indonesia pertamakali diperkenalkan pada 5 Desember 1900 di Batavia. Film Tanah Air Beta ini mengisahkan kehidupan pengungsi pasca jajak pendapat di Timor-Timur, suatu keadaan dimana mereka harus berpisah dengan tanah kelahiran mereka, dan keluarga, karena mereka lebih memilih untuk tetap bergabung dengan Indonesia. Alasan mengambil judul ini adalah ingin mengetahui respons dari mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2008 selaku generasi muda yang telah menyaksikan film Tanah Air Beta, dimana film tersebut menceritakan tentang sikap nasionalisme, patriotisme dan cinta terhadap keluarga. Adapun yang menajdi perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana respon kognitif Mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN angkatan 2008 terhadap film �Tanah Air Beta� ?, bagaimana respons afektif Mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN angkatan 2008 terhadap film �Tanah Air Beta� ?, bagaimana respon behavioral Mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN angkatan 2008 terhadap film �Tanah Air Beta�? Dalam hal ini peneliti menggunakan metode kuantitatif , karena pendekatan kuantitatif dapat menghasilkan data yang akurat setelah penghitungan untuk menghasilkan penaksiran kuantitatif yang tepat, dan desain penelitian yang digunakan adalah survey, metode survey merupakan metode data yang ada pada saat penelitian dilakukan, data dapat dikumpulkan melalui beberapa teknik, seperti penyebaran angket dan pengamatan. Dan teori yang diambil dalam penelitian ini adalah teori S-O-R, teori ini ditemukan oleh Wat Son, aliran behavioristik yang artinya bagaimana sebuah pesan disampaikan oleh komunikator kepada komunikan mampu menimbulkan efek. Setelah peneliti mengolah data, maka peneliti menemukan hasil temuan data seperti dalam respons kognitif sebesar 4.202, dimana nilai tersebut masuk ke dalam rentang skala sangat setuju, dengan demikian dapat diketahui bahwa sebagian besar responden menilai respons kognitif mahasiswa terhadap film Tanah Air Beta adalah sangat setuju, serta dari rata-rata skor afektif sebesar 4.24, dimana nilai tersebut masuk kedalam rentang skala sangat setuju, dengan demikian dapat diketahui bahwa sebagian besar responden menilai respons afektif mahasiswa terhadap film Tanah Air Beta adalah sangat setuju, dan rata-rata skor behaviorial sebesar 4.318 dimana nilai tersebut masuk kedalam rentang skala sangat setuju, dengan demikian dapat diketahui bahwa sebagian besar responden menilai respons behaviorial mahasiswa terhadap film Tanah Air Beta adalah sangat setuju. ii