Pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar IPA pada konsep perambatan bunyi (kuasi eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah al-A'raaf)
Main Author: | WATI, Eti Setia |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada konsep Perambatan Bunyi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al- A�Raaf Jakarta dimulai tanggal 26 Maret sampai tanggal 29 Maret 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan 26 orang untuk kelas eksperimen dan 26 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda dengan empat pilihan (option), lembar observasi, dan pedoman wawancara. Penelitian menunjukkan penggunaan metode inkuiri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada konsep perambatan bunyi (sig.(2-tailed > 0.05)