Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pada konsep sifat-sifat cahaya (kuasi eksperimen di MI Mansyaatul Islamiyah)
Main Author: | KASANAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS terhadap hasil belajar siswa pada konsep sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilaksanakan di MI Mansyaatul Islamiyah Jakarta di mulai tanggal 24 April sd 26 April 2012, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest one group design. Sampel yang digunakan sebanyak 9 orang. Instrumen penelitian berupa tes objektif tipe pilihan ganda dengan empat pilihan (option), lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan LKS berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Kelas V pada konsep sifat-sifat cahaya. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar siswa dari rerata 56,89 menjadi 84,67 dan berdasarkan hasil uji t, yaitu thit (-7,523) < ttab (0,213). Penelitian menunjukkan penggunaan LKS berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada konsep sifat-sifat cahaya