Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 dalam maningkatkan pelayan pendidikan di Pondok Pesantren Modern Sahid
Main Author: | KHOLIDATUNUR |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Memasuki zaman modern saat ini, seluruh aspek kehidupan dituntut untuk melakukan perubahan, termasuk aspek pendidikan. Agar memenuhi kebutuhan masyarakat, maka lembaga pendidikan termasuk pondok pesantren, perlu melakukan proses pendidikan yang bermutu untuk menjawab tantangan zaman. Di dalam proses pendidikan yang bermutu tersebut, diperlukan pula sistem manajemen yang baik dan terstruktur agar tujuan dari lembaga pendidikan tersebut tercapai. Agar sistem manajemen berjalan dengan baik, maka perlu juga suatu standar yang dijadikan pedoman contohnya Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Penulisan skripsi ini dilakukan berdasarkan ide dari fenomena yang telah dijelaskan di atas. Lembaga pendidikan yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 tersebut contohnya Pondok Pesantren Modern Sahid. Pondok pesantren dijadikan objek penelitian karena adanya pandangan sebagian masyarakat bahwa kemerosotan atau kekonsistenan lembaga pendidikan tertua di Indonesia ini, mengacu kepada figur kiyai sebagai pemimpin pesantren. Selain itu, terdapat masalah-masalah lainnya yang muncul di pondok pesantren diantaranya adalah belum adanya pembagian pengelolaan manajemen yang jelas dan belum efektifnya penerapan manajemen pondok pesantren. Sedangkan manajemen amat berpengaruh terhadap peningkatan mutu. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan manajemen dan program yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Modern Sahid dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan agar dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk perbaikan mutu pondok pesantren atau lembaga pendidikan lainnya. Metode yang yang digunakan adalah deskripstif dengan focus pada studi dokumentasi. Dengan Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, maka pelaksanaan manajemen di pondok pesantren berjalan dengan baik, sistematis, dan konsisten karena masing-masing bagian atau fungsi yang ada di pondok pesantren terdapat job descriptionnya masing-masing, selain itu mutu pelayanan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.