Pengaruh LKS digital berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada konsep termodinamika (kuasi eksperimen di SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan)

Main Author: Annis Dwi Yohana
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS berbasis contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada konsep termodinamika. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 10 Tangerang Selatan. Penelitian berlangsung pada bulan Maret 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Data hasil instrumen tes dan nontes dianalisis secara kuantitatif, namun hasil data nontes dikonversi ke dalam bentuk kualitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil terdapat pengaruh LKS berbasis contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada konsep termodinamika, dimana nilai , sehingga ditolak. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan LKS digital lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan LKS penerbit. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih unggul pada jenjang kognitif C1, C2, C3, dan C4. Pembelajaran menggunakan LKS berbasis contextual teaching and learning ini memperoleh respon positif siswa pada kategori baik dengan persentase sebesar 74,59%.