Pengaruh motivasi, penghargaan finansial, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, pertimbangan pasar kerja, dan personalitas terhadap minat mahasiswa akuntansi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi akuntan publik

Main Author: Chynthia Helena Marin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguji pengaruh motivasi, penghargaan finansial, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, pertimbangan pasar kerja, dan personalitas terhadap minat mahasiswa akuntansi menjadi akuntan publik. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang sudah mengambil peminatan audit. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah convenience sampling, sedangkan metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial faktor motivasi kualitas dan personalitas memiliki pengaruh terhadap minat menjadi akuntan publik, sedangkan faktor motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi sosial, penghargaan finansial, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, dan pertimbangan pasar kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menjadi akuntan publik. Namun secara simultan faktor-faktor yang diujikan tersebut memiliki pengaruh terhadap minat menjadi akuntan publik