Pengembangan kompetensi guru sekolah SMART Ekselensia Indonesia Parung Bogor

Main Author: Fauziah
Format: Masters
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Permasalahan rendahnya kompetensi guru telah mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang bagaimana upaya sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru. Gagasan utama di balik kompetensi guru adalah mutu dan pembaharuan pendidikan nasional melalui perbaikan kompetensi dan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Smart Ekselensia Indonesia Parung Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Penelitian ini mencoba melihat pengembangan kompetensi guru yang relevan dilakukan oleh sekolah tempat guru mengajar. Sekolah lebih tahu kebutuhan guru-gurunya. Pengembangan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan guru sangat bermanfaat bagi guru yang berdampak pada peningkatan prestasi siswa. Temuan penelitian menunjukan bahwa optimalisasi kompetensi guru di sekolah Smart Ekselensia Indonesia Parung Bogor dikembangkan melalui program ilmiah: Workshop, pelatihan, bahasa Inggris dan program keagamaan, pengajian, diskusi ilmiah, iktikaf tahunan, serta fasilitas penunjangnya. Dengan demikian upaya pengembangan kompetensi guru, seyogyanya dibutuhkan sejumlah kebijakan yang berdampak langsung pada mutu dan kinerja guru.