Kurikulum bahasa arab dan pengaruh terhadap pembentukan lingkungan bahasa di MTS Al zaytun, Indramayu

Main Author: Saefullah Abu bakar
Format: Masters
Terbitan: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Kurikulum bahasa Arab dan Pengaruhnya terhadap pembentukan lingkungan bahasa di MTs Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Pada awal berdirinya Al Zaytun menggunakan kurikulum pesantren, Ilmu-ilmu agama, seperti Fiqh Wadhih, Usul Al Fiqh, dan Khulashoh Nurul Yaqin, Ilmu-ilmu bahasa Arab, seperti Nahwu, Shorf, Mahfudhot, Imla, dan Khot, semuanya menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa penghantar, begitu juga dengan pelajaran-pelajaran umum, menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa soal di ujian semesternya, maka semua guru, dan para siswa-siswi berupaya dengan sekuat tenaga untuk mempelajari bahasa Arab.sehingga lingkungan bahasa mulai terbentuk. Hal demikian tidak didapati lagi di kalangan siswa-siswi MTs tahun ???? ini. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kwalitatif untuk mendapatkan hasil penelitiannya yang tak mungkin bisa didapatkan dengan mengguanakan pendekatan kwantitatif. Para guru di MTs Al Zaytun tidak semua mereka keluaran PBA(Pendidikan Bahasa Arab), bahkan kebanyakan mereka adalah alumni PAI(Pendidikan Agama Islam), Maka ketika berubahnya kurikulum MTs Al Zaytun pada ???? berubah juga tujuan pembelajaran di Al Zaytun, bukan lagi penguasaan bahasa, tetapi targetnya adalah menyelesaikan KKM yang sudah ditetapkan oleh Departemen Agama dan ujung-ujungnya bermuara pada Ujian Nasional. Terbukti, pada perubahan pelajaran kepesantrenan yang bermula ada ?? pelajaran pada tahun ????-????, menjadi tinggal ? pelajaran saja pada tahun ???? ini, itupun hanya dipelajari ? tahun saja, yaitu di kelas ?. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa kemampuan kelas ? tahun ???? dalam bidang bahasa Arab, jauh lebih rendah dibandingkan kemampuan bahasa Arab kelas ? tahun ????. Ini dapat dibuktikan dari berbagai macam sudut pandang, seperti pendapat para guru yang mengajar di Al Zaytun sejak ????, pendapat para alumni, kwalitas soal dan survei yang dilakukan peneliti terhadap siswa-siswi MTs tahun ???? ini. Untuk itu rekomendasi peneliti adalah, bahwa kurikulum sangatlah berperan penting dalam membentuk lingkungan bahasa, maka penyempurnaan komponenkomponen kurikulum yang mendukung terciptanya lingkungan bahasa adalah mutlak untuk diwujudkan.