Kearifan lokal pada novel Haniyah dan Ala di Rumah Teteruga karya Erni Aladjai serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA

Main Author: Dinda Nurayu Kemalasari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kearifan lokal yang terdapat dalam novel Haniyah dan Ala di Rumah Teteruga karya Erni Aladjai, 2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kearifan lokal pada novel Haniyah dan Ala di Rumah Teteruga untuk diimplikasikan dalam pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Teknis penelitian yang digunakan adalah analisis isi novel dan studi pustaka untuk mengumpulkan data melalui kepustakaan yang berkaitan dengan objek penelitian. Analisis dalam novel ini menggunakan teori antropologi sastra yang dikemukakan oleh Prof. Dr. Koentjaraningrat mengenai kearifan lokal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 20 data mengenai bentuk kearifan lokal meliputi peralatan kehidupan manusia sejumlah 4 data, sistem mata pencaharian sejumlah 4 data, sistem kemasyarakatan sejumlah 3 data, sistem pengetahuan sejumlah 3 data, sistem bahasa sejumlah 2 data, sistem kesenian sejumlah 1 data, dan sistem religi sejumlah 3 data. Selain itu, dalam cerminan pendidikan karakter berupa nilai budaya, nilai sosial dan nilai moral. Hal tersebut telah ditemukan 10 nilai yaitu religius, toleransi, kerja keras, bersahabat atau komunikatif, dan peduli sosial. Hasil dari penelitian tersebut akan diimplikasikan dalam pembelajaran sastra berdasarkan lima tahapan pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru yaitu orientasi, eksplorasi, kreasi dan aktualisasi, presentasi dan evaluasi. maka analisis ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra sesuai KD 3.7 dan 4.7 melalui pemahaman unsur-unsur pembangun novel.