Keterampilan reseptif dalam materi bahasa Arab analisis materi keterampilan mendengar dan keterampilan membaca dalam buku ajar Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah
Main Author: | Muhammad Qadhafi |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Dengan penelitian ini, peneliti berusaha untuk mengidentifikasi materi pembelajaran keterampilan mendengar dan membaca dalam buku �Durusu al-Lughah al-Arabiyah�. Penelitian ini bersifat kualitatif dan peneliti menggunakan �Teknik Analisis Deskriptip�. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kitab �Durusu al-Lughah al-Arabiyah� dengan menggunakan kurikulum 2013 untuk siswa kelas satu madrasah Aliyah. Langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: 1) Pembuatan ceklis, 2) Analisa muatan buku teks, 3) Pemberian kode, 4) Tabulasi data, 5) Kesimpulan. Hasil Penelitian menerangkan bahwa materi keterampilan mendengar dan membaca dalam buku �Durusu al-Lughah al-Arabiyah� untuk kurikulum 2013 pada kelas satu di madrasah Aliyah adalah materi yang baik menurut Abd al-Rahman bin Ibrahim al-Fauzan dalam bukunya �Idla�at li Mu�alimi al-Lughah al-Arabiyah li Ghairi Nathiqin biha�, akan tetapi masih terdapat kekurangan dalam materi ini diantaranya, pada materi keterampilan mendengar tidak terdapat materi perkenalan pada suara bahasa Arab dan perkenalan pada harakat panjang dan pendek dan membedakan antara keduanya, dan kurangnya gambar yang sesuai dan berjenjang, serta tidak tersedia kaset atau rekaman untuk materi mendengar. Dan pada keterampilan membaca tidak terdapat gambar pada setiap judul. Dan materi keterampilan mendengar dan membaca pada buku �Durusu al-Lughah al-Arabiyah� sesuai dengan kurikulum tahun 2013 mata pelajaran bahasa Arab untuk kelas satu di madrasah aliyah.