Upaya Guru dalam mengatasi kesulitan belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di MTs Al-Islamiyah Ciledug
Main Author: | Hanna Humaira |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Al-Islamiyah Ciledug dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu guru fikih dan peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu menganalisa dengan cara menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kesulitan belajar siswa berasal dari dua faktor yakni internal dan eksternal. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Al Islamiyah Ciledug yaitu guru membuat dan melaksanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan karakteristik siswa, guru melakukan interaksi edukatif kepada siswa, guru menerapkan metode ceramah, diskusi, demonstrasi, drill dan video kritik pada materi shalat fardhu serta guru menggunakan media pembelajaran sesuai kebutuhan siswa seperti alat proyektor/LCD untuk menampilkan materi maupun video terkait shalat fardhu.