Pengembangan bahan ajar audio visual berbasis kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP
Main Author: | Salma As Zahra |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian ini adalah video pembelajaran yang berisi permasalahan-permasalahan konteks kehidupan nyata sesuai dengan konsep pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar audio visual berbasis kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII SMP, dan (2) Mengetahui kelayakan dan tanggapan responden terhadap bahan ajar audio visual berbasis kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII SMP yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Development, dan Dissemination). Subjek pada penelitian ini terdiri dari validator ahli yaitu tiga dosen Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan lima guru matematika, dan uji coba siswa yaitu sebanyak 28 siswa kelas VIII SMP Ma?arif Jakarta. Kemudian, subjek penyebaran bahan ajar yaitu 40 siswa dari SMP Jame Pekojan dan SMPN 89 Jakarta. Hasil penilaian terhadap bahan ajar yang dikembangkan pada validator ahli materi mendapatkan skor sebesar 84,85% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan penilaian ahli media mendapatkan sebesar 88,89% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket respon siswa pada tahap uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kriteria sangat layak dengan mendapatkan persentase skor 82,86%, sedangkan hasil angket respon siswa pada tahap penyebaran mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 90,58%. Dengan demikian, bahan ajar audio visual berbasis kontekstual yang dikembangkan dapat disimpulkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP.