Penerapan Metode Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Bisnis Bahasa Inggris

Main Author: kesalahan berbahasa
Format: Journal
Terbitan: Pusat Penelitian Bidang Bahasa Dan Seni Universitas Indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis surat bisnis berbahasa Inggris pada siswa kelas XII AP1 SMK Pembangunan Jakarta melalui metode Task-Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan guru pada siklus I mendapat skor 24 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 31 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas Siswa pada siklus I dengan presentase 52% meningkat pada siklus II menjadi 83 %. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Task-Based Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat bisnis berbahasa Inggris yang ditandai dengan meningkatnya kegiatan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.