Pengaruh Motif Penggunaan Media terhadap Kepuasan Subscriber YouTube Pemuda Tersesat sebagai Media Dakwah Berbasis Komedi

Main Author: M. Nurfadhlillah Hidayat
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Dalam penggunaan media, YouTube menjadi salah satu platform yang sangat digemari oleh masyarakat karena menawarkan berbagai macam video. Pengguna diberi pilihan untuk mengakses tontonan yang sesuai dengan keinginan, kepentingan, dan kebutuhan mereka. Oleh karena itu pengguna media memiliki motif-motif tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Pengguna media perlu dipertanyakan apakah motif tersebut dapat terpuaskan setelah mengakses media tersebut. Hal ini sesuai dengan teori Uses and Gratification yang mengatakan bahwa audiens aktif untuk menentukan media mana yang harus dipilih untuk memuaskan kebutuhannya. Konten YouTube Pemuda Tersesat hadir dengan tujuan memberikan dakwah kepada masyarakat menggunakan metode yang berbeda dibandingkan dai lainnya, karena ia menggunakan metode tanya jawab yang setiap pertanyaannya dianggap nyeleneh namun dapat dijawab dengan bijak dan ditambah dengan unsur komedi agar dapat menghibur penontonnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif penonton (subscriber) dalam mengakses konten Pemuda Tersesat, tingkat kepuasan yang didapat oleh subscriber setelah mengakses konten tersebut, dan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara motif penggunaan media terhadap kepuasan subscriber dalam menonton konten YouTube Pemuda Tersesat sebagai media dakwah berbasis komedi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis regresi sederhana yang diberikan kepada 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motif penggunaan media terhadap kepuasan subscriber dengan hasil regresi sebesar 0,551 dan nilai t sebesar 11,999. Dan berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 menyatakan bahwa variabel motif penggunaan media berpengaruh terhadap kepuasan subscriber.