Uslub Ijaz Al Hadzf fi Surah al-Baqarah wa 'Alaqatuhu bi Al-Qiyah At Tarbawiyah (Dirasah Tahliliyah Balaghiyah)
Main Author: | Kholida Nur |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul ?Gaya Bahasa Ijaz Hazf pada Surat Baqarah dan Hubungannya dengan Nilai-Nilai Pendidikan (Studi Analisis Balaghah)?. Peneliti memilih judul ini dengan latar belakang adanya rahasia ijaz dalam Al-Qur ́an, Ijaz memiliki karakteristik yang menjadi ciri khas pada ranah kebahasaan. Serta ayat-ayat Al- Qur ́an apa saja yang termasuk dalam Ijaz hazf pada surat Al-Baqarah dan bagaimana kaitannya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ayat-ayat dalam surat Al-Baqarah yang mengandung ijaz hadzf dan rahasianya, menganalisis tujuan ijaz hadzf dalam Al- Quran dan rahasianya, dan mendeskripsikan kandungan nilai-nilai pendidikan yang dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis kualitatif menggunakan metode deskriptif konseptif atau faktual. Peneliti menggunakan teknik Miles and Huberman dalam menganalisis data, di mana peneliti menggunakan tiga cara, yaitu: reduksi data (data reduction), sajian data (data display), ikhtisar kesimpulan (overview of conclusion). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendidikan keimanan dan aqidah adalah Pendidikan yang menonjol dalam surah Al-baqarah, disampaikan melalui beberapa kisah- kisah rosul utusan Allah, diantaranya nabi Adam, Ibrahim, ismail, Ishaq, Yaqub, dan Musa. Dan dari penggalan-penggalan kisah-kisah tersebut, memberi pesan besar kepada nabi Muhammad agar senantiasa menyampaikan risalah tauhid kepada umatnya dengan sabar. Bahwa Al-Qur ́an memiliki ijaz hadzf yang bermanfaat bagi berbagai tujuan diantaranya ikhtishâr dan ihtirâz, tafhîm dan i?zhâm. Meringankan bagi banyak perkataan. Sebagai hikmah dan pelajaran tatkala merenungkan makna-makna secara mendalam, kita bisa menarik kesimpulan tentang nilai-nilai pendidikan dan mengambil manfaat untuk mendidik diri kita sendiri atau untuk anak-anak dan peserta didik di sekolah. Bahwasanya ijaz hadzf merealisasikan tujuan dari segi tanbih dan memberikan kesempatan bagi pembaca dan pendengar untuk menarik pemahaman dari apa yang dimahdzufkan. Diantara semua nilai pendidikan yang peneliti petik dari Surat Al-Baqarah adalah nilai dogmatis (ayat: 18, 19, 23, 26, 34, 54, 127, 165, 173, 177, 213, 279), nilai keimanan (ayat: 4, 18, 177), nilai ibadah (ayat: 71, 127, 184, 187, 185), dan nilai sosial (ayat: 6, 177, 195, 213, 273), nilai fisik (ayat: 173), dan nilai intelektual (ayat: 6)