Meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui supervisi akademik
Main Author: | Nunuk Purwatiningsih |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Sekretariat LPPM UNINDRA
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru SMP Negeri 10 Tambun Selatan khususnya kompetensi dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran peserta didik. Subjek penelitian adalah 15 orang guru SMP Negeri 10 Tambun Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah model Kemmis yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh dari instrumen kompetensi pedagogik guru. Hasil penelitian diperoleh data hasil penilaian terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah guru buat diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 81,70 meningkat pada siklus II menjadi 91,26, penilaian praktik pelaksanaan pembelajaran diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 80,30 meningkat pada siklus II menjadi 92,88, dan penilaian kemampuan guru terhadap hasil pembelajaran peserta didik diperoleh skor rata-rata pada siklus I sebesar 85,33 meningkat pada siklus II menjadi 92,93. Perolehan skor tersebut menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian telah tercapai. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMP Negeri 10 Tambun Selatan.