Analisis implementasi hidden curriculum dalam pengembangan nilai-nilai kepemimpinan siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darunnajah Jakarta)
Main Author: | Ahmad Awaludin |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Pembentukan karakter di sekolah tidak terlepas dari peran kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa yang memiliki andil sangat besar dalam menentukan keberahsilannya. Namun, perlu diketahui bahwa selain kurikulum resmi terdapat kurikulum tersembunyi yang memiliki peran tidak kalah penting dalam pembentukan karakater siswa. The hidden curriculum adalah salah satu upaya dalam pembentukan dan pengembangan karakter melalui pengelolaan kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler, penciptaan lingkungan berkarakter dan suasana belajar, pembiasaan, pembudayaan nilai dan etika baik yang dapat mendukung keberhasilan proses pembentukan dan pengembangan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi hidden curriculum dalam pengembangan nilai-nilai kepemimpinan siswa di Madrasah Aliyah Darunnajah Jakarta, dengan fokus penelitian meliputi: 1) variabel organisasi, 2) variabel sosial, 3) variabel budaya. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif dengan wawancara langsung dari kepala sekolah, guru dan siswa, serta hasil observasi dan sumber skunder diperoleh dari berbagai studi dokumen, naskah, dan asrsip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa impelemntasi hidden curriculum dipengaruhi oleh tiga variabel. Pertama pada variabel organisasi dilakukan melalu pengorganisasian siswa, kegiatan ekstrakurikuler dan fasilitas sumber belajar. Keuda adalah variabel sosial yaitu menjalin hubungan sosial yang baik dan komunikatif atara guru dengan siswa, guru dengan guru, siswa dengan siswa, dan guru dengan kepala sekolah. Ketiga adalah variabel budaya dilakukan melalui kegiatan rutin, kegiatan terprogram, dan pelaksanaan tata tertib. Praktik hidden kurikulum di Madrasah Aliyah Darunnajah Jakarta berhasil mengembangkan nilai-nilai kepemimpinan siswa yaitu: jujur, bertanggung jawab, disiplin, religius, mandiri, peduli sesama, toleransi, siap berkorban, komunikatif, demokratis, mampu bekerja sama, manajemen, dan tegas.