Strategi marketing public relations dalam membangun Brand Awareness (Studi Deskriptif Pada PT. HNI HPAI)
Main Author: | Fathimah Azzahra |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Maraknya bisnis syariah di era sekarang membuat para produsen berlomba-lomba menciptakan brand halal untuk dipasarkan. Salah satunya adalah PT. HNI HPAI yang merupakan perusahaan multi level marketing syariah yang menjual produk halal. Dalam pemasaran produknya dibutuhkan peran marketing public relation dengan strategi-strategi yang tepat agar produk yang ditawarkan dikenal banyak orang yang nanti nya akan membangun brand awareness di masyarakat. Merujuk dari latar belakang tersebut maka timbul sebuah rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana strategi Marketing Public Relations PT. HNI HPAI dalam upaya membangun brand awareness? dan Bagaimana metode komunikasi persuasif yang digunakan marketing public relations dalam membangun brand HNI HPA? Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori Marketing Public Relation yang disampaikan oleh Thomas L Harris secara garis besar ada three ways strategy, yaitu: pertama bahwa Public Relations merupakan potensi untuk menyandang suatu taktik pull strategy (menarik), kedua adalah kekuatan sebagai penyandang push startegy (mendorong), dan ketiga adalah pass strategy, bahwa Public Relations dapat mempengaruhi opini public. Adapun metode komunikasi persuasif dalam proses komunikasi, yaitu: Asosiasi, Integrasi, Pay-Off Idea, Iching Device dan Red Hirring Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif., pengumpulan data melalui wawancara kebeberapa narasumber yang dianggap tepat dalam memberikan informasi, observasi tidak langsung dengan mengamati aktifitas yang dilakukan oleh Public Relation PT HNI HPAI dan juga dokumentasi, buku, jurnal, artikel, internet yang mendukung penelitian Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Strategi yang digunakan PT HNI HPAI dalam membangun brand awareness adalah Pull Strategy yang dilakukan dengan memaksimalkan kegiatan promosi dengan melaksanakan event dan program perusahaan, Push Strategy yang dilakukan untuk mendorong pemasaran dengan publikasi melalui media sosial dan menjalin kerjasama industry relations dan government relations dan promosi member, dan terakhir Pass Strategy dilakukan untuk menciptakan opini dengan kegiatan member relations dan public service activities. Adapun Metode komunikasi persuasif yang digunakan, yaitu metode Integrasi, Pay off Idea, Iching Device dan Red Herring.