Strategi marketing public relations E-Commerce Zen Rooms Syariah dalam menarik minat konsumen
Main Author: | Elfira Libyani Putri |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Zen Rooms adalah perusahaan e-commerce yang menyediakan jaringan hotel berbudget di Indonesia. Di era global saat ini, pariwisata perhotelan telah menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Di Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim, hotel syariah terbilang kalah peminatnya dengan hotel konvensional. Maraknya hotel konvensional berbudget membuat hotel syariah harus ekstra mempromosikan produknya. Memasarkan hotel syariah merupakan bagian dari tugas Public Relations. Praktisi Public Relations membutuhkan strategi pemasaran yang baik dan cermat serta media yang dapat membantu terciptanya kegiatan pemasaran tersebut. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui Strategi Marketing Public Relations e-Commerce Zen Rooms Hotel Syariah dalam Menarik Minat Konsumen. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dimana peneliti melakukan penelitian dengan Public Relations agar dapat merekonstruksi realitas yang ada. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan sifat penelitian deskriptif melalui observasi non partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang digunakan Zen Rooms dalam memasarkan properti syariah adalah strategi Pull, Push, dan Pass dari Thomas L. Harris. Pertama, Pull Strategy dengan memaksimalkan customer relations. Kedua, Push Strategy yaitu dengan publikasi, promosi, serta endorsment. Ketiga, Pass Strategy dengan memberikan award kepada loyal customers dan reward kepada konsumennya. Dan dalam memasarkan hotel syariah, Zen Rooms menggunakan media Public Relations internet yaitu melalui media sosial Instagram, Facebook dan Twitter. Serta bekerjasama dengan beberapa perusahaan e-commerce lainnya.