Nilai Budaya dalam Foto Jurnalistik (Analisis Semiotik Foto Headline di Surat Kabar Harian Kompas Edisi Ramadan 1434 H./2013 M.)

Main Author: Faradilla Nurul Rahma
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Foto Jurnalistik atau foto berita merupakan salah satu media penyampai pesan melalui bentuk visual yang juga sebagai kombinasi dari kata dan gambar yang menghasilkan satu kesatuan komunikasi. Headline atau berita utama adalah berita yang menurut penilaian redaksi surat kabar merupakan berita penting dari semua berita yang disajikan surat kabar pada hari itu. Karena itu, untuk headline diberikan tempat utama, yang mudah dibaca. Apa makna denotatif, konotatif dan mitos pada tiga foto headline bertemakan Ramadan di surat kabar harian Kompas edisi 10 Juli 2013 sampai 7 Agustus 2013? Nilai budaya apa yang terkandung dari tiga foto headline bertemakan Ramadan di surat kabar harian Kompas edisi 10 Juli 2013 sampai 7 Agustus 2013? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah foto-foto yang menjadi headline pada harian Kompas bertemakan Ramadan, mulai dari awal bulan Ramadan (10 Juli 2013) hingga akhir bulan Ramadan (7 Agustus 2013). Selama edisi Ramadan 2013, terdapat 8 foto headline yang bertemakan Ramadan, namun dari 8 foto tersebut memiliki kesamaan topik; 1 foto tentang shalat tarawih, 1 foto tentang kenaikan harga, dan 6 foto mengenai mudik. Kemudian, guna memperkecil jumlah foto yang diteliti, maka terpilih 3 foto yang mewakili untuk penulis teliti. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika, yaitu semiotika Roland Barthes yang mengacu terhadap dua tanda (konotasi dan denotasi) kemudian menghasilkan mitos agar bisa memahami makna yang terkandung di dalam foto-foto yang menjadi headline pada harian Kompas edisi Ramadan 2013. Kehadiran bulan Ramadan mampu mengubah seluruh aspek kehidupan manusia. Di antara aspek yang terpengaruh oleh kehadiran bulan Ramadan adalah media massa atau sarana informasi publik. Media massa begitu kentara sekali dalam menyambut bulan Ramadan. Berbagai informasi dan program acara baru yang dibuat khusus di bulan ini selalu bermunculan. Dalam perubahan tersebut, media massa khususnya surat kabar juga ikut andil dalam menyuguhkan berita seputar Ramadan. Foto jurnalistik sebagai penguat pesan dalam surat kabar di bulan Ramadan seringkali juga memuat nilai budaya. Oleh karena itu, pentingnya mengkaji nilai budaya dalam foto jurnalistik selama bulan Ramadan merupakan hal yang perlu menurut penulis. Harian Kompas merupakan salah satu media cetak yang terbit setiap harinya. Dalam penerbitannya, harian Kompas hampir selalu menyertakan foto berita berdasarkan permasalahan atau peristiwa berbeda-beda. Foto-foto berita pada harian Kompas, terlebih foto headline seringkali ditampilkan secara menarik, kuat dan memiliki relevansi dengan berita yang ditulis. Dari tiga foto sampel yang dianalisis, tidak semuanya memiliki keenam prosedur semiotika konotasi Roland Barthes, tetapi ada 6 prosedur yang lebih ditonjolkan seperti Pose, Object, Photogenia dan Aestheticism. Hal ini terlihat pada objek utama yang ditonjolkan, cara fotografer mengambil gambar, serta keterangan foto yang bersifat mengarahkan pembaca. Sedangkan dari segi nilai budaya, memberikan gambaran bahwa foto headline edisi Ramadan 1434 H./2013 M. memuat 3 nilai budaya yaitu; nilai agama, nilai ekonomi, dan nilai solidaritas. Terdapat 3 tema besar mengenai Ramadan pada harian Kompas edisi 10 Juli 2013 - 7 Agustus 2013, yakni tentang shalat tarawih, kenaikan harga, dan mudik.