Hubungan Intensitas Menonton Film Dengan Kesadaran Akan Nilai-Nilai Ibadah Dalam Film Pendek Cinta Subuh di Youtube

Main Author: Putri Dwi Pangestiningtiyas
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • YouTube aktif menyiarkan konten Islami berupa dakwah, lewat film-film pendek yang mengangkat kisah yang mayoritas dialami oleh masyarakat. Salah satu yang aktif menyiarkan film pendek Islami yaitu Film Maker Muslim, dalam film pendek CINTA SUBUH ingin menunjukan fenomena sosial yang dialami anak muda sekarang dengan bentuk perbaikan kesadaran akan nilai-nilai ibadah yang dialami seorang pemuda. Merujuk dari latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu, apakah terdapat hubungan intensitas menonton film dengan kesadaran akan nilai-nilai ibadah dalam film pendek Cinta Subuh di Youtube pada anggota LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta? Teori yang digunakan adalah teori Stimulus Organisme Respon (S-O-R). Menurut teori ini, efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan kesesuaian antara isi pesan dan reaksi komunikan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif korelasional yaitu analisis korelasi Rank Spearman. Dengan nilai korelasinya r =0,214, (>0,05) pada rentang 0,20 ? 0,399. Sedangkan nilai variabel X (Intensitas Menonton Film) meningkat maka nilai variabel Y (Kesadaran akan nilai-nilai Ibadah) juga mengalami peningkatan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang lemah dan tidak signifikan. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah responden 52 orang. Landasan konseptual yang digunakan adalah kesadaran akan nilai-nilai ibadah. Hasil dari penelitian ini pada anggota LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.